Ketika Anda Marah, Islam Menjawab Lembut

Sering kali sikap dan perilaku orang yang kita sayang tak sejalan dengan apa diharapakan.
Kadang dongkol, keki, dan kesel tercampur semua dalam emosi yang terkadang ingin rasanya kita mengeluarkan kata-kata sejadinya. Stooop!! Sebelum anda marah dengan orang-orang yang anda sayang, di bawah ini ada satu artikel yang saya tukil dari narasumber berikut ini :

Panggilan buat anak… Yaa Nuuro ‘Ainayya … Wahai cahaya mataku… Ta’aal hunaa… Mari sini…

Atau coba jajal panggil… Yaa Mubasysyirol qolbi… Wahai yg menggembirakan hati… Ta’al ilaa hunaa… Mari sini…

Manggilnya jangan dg panggilan yg macem2, sia2, apalagi sampe punya arti kaco…

“Eh, geblek… Sini Luh…”.

Jangan. Tar anak beneran geblek.

“Cantiiiikkk… Sini Naaak… Cantik yg salehah… Sini sayang…” Gini nih panggil anak.

Nanti anak akan jawab…

“Iyaaa Ibuk cantiiikkk… Yg kecantikannya menerangi seisi rumah…”

Atau anak akan jawab, “Iya ibuk yg salehah, yg dirindukan Rasul saat nanti bertemunya..”

Kalau lg marah, marahlah seperti ibunya imam sudais… “Idzhab anta. Ilaa masjidil haroom. Kun imaaman hunaak.”

Keren banget dah. Marah aja jadi doa. “Pergi sana ke masjidil harom. Jadi imam sono…” Gitu kata ibunya imam sudais. Umur 24th, imam sudais jd imam beneran.

Jangan sampeeee nyebut anak, sbg anak syetan pas lagi marah… “Anak syetan nih emang…”.

Dia ga sadar, itu anaknya sendiri. Berarti?

Panggil suami… “Kakanda sayang….”. Suaminya jawab, “Iye peyaaaanggg…”. Aaaah, payah dah. Istri udah mau bermanja2. Jadi berantem, hehe

Sumpahin anak tuh begini yg cakep: “Emak sumpahin kamu 17 turunan ke bawah, kaya2, lagi saleh…” Nah, turunan ke-18 ke atas, sumpahin lagi.

Panggil ustadznya apa? “Ustadz Yusuf yg baik hati, tidak sombong, lagi rajin menabung…?” He he he he…

“Wahai Australia, tetangga kami yang baik hati, yang udah ngasih banyak kemudahan sdr2 kami di sana… Wahai Australia yg akhlaknya baik…”

Gitu tuh manggil Australia…

“Wahai Australia, yg sapi2nya banyak kami terima di sini…”

Walikota Bandung, keren… Sikapnya thd Australia, manteb.

Panggil presiden kita, menteri2nya, pejabat2 kita, dengan panggilan2 yg baik. Jadi doa buat beliau2. Semoga.

Manggil tetangga: “Eh tetanggaaa… Rapih amat siiiihhh… Mau kemanaaa? Ke pasar?”. InsyaaAllah tetangga, bakal gorengin ikan daaah.

Nabi memanggil ‘Aisyah, istrinya, dg panggilan: “Yaa Humaira… Wahai yg pipinya kemerah2an…” Dahsyat! InspiringHusband banget.

Coba panggil istri: “Yaa Humaira…”.

He he, dia bakal sewot… “Siape tuh…? Cewek mana…? Jgn macem2 yeee…” Hehe, ga ngatri dia…

Rasul emang subhaanallaah dah…

Suatu saat, beliau datang, mencari menantunya… Sayyidinaa ‘Ali Karramallaahu wajhah.

Yg ada di rumah, hanya Faathimah. Imam ‘Ali, ga ada.

“Di mana putra pamanku yg kumuliakan…?” Lihat. Beliau menyebut Imam ‘Ali begitu.

Beliau itu Rasul. Bukan hanya mertua. Tapi begitu sopan dalam memanggil nama atau menyebut nama menantunya. MaasyaaAllah.

Dan Nabi pun menyusul. Menyusul Imam ‘Ali. Luar biasa. Mertua loh. Rasul lagi. Nyusul menantu. Padahal beliau bisa banget manggil.

Besok2 kita cerita2 tentang ini ya … tentang Nabi, ‘Aisyah, Faathimah, dan ‘Ali? Keren. Saya suka nangis kalo inget beliau2 semua.

Semoga dengan membaca artikel ini membuat kita untuk tidak semena-mena mengeluarkan kata-kata yang mengusik perasaan orang yang kita sayang.