Mengatasi Banjir dan Macet

Hanya sekedar opini dan memang seharusnya pemerintah lebih ekstra kerja untuk mengatasi dua masalah yang dianggap perlu diatasi lebih intensif.

1. Masalah Macet
    Apa yang dilakukan Basuki T.P alias Ahok dinilai suatu progres yang baik meskipun terbilang tidak biasa. Dengan membatasi ruang gerak roda dua, untuk tidak melintas di jalan yang dinilai menjadi sentral bisnis dan pemerintahan.

image

Tetapi perlu diperhatikan angkutan publik yang dinilai perlu serta memperluas serta menambah kantung-kantung parkir untuk kendaraan roda dua.

Dan perlu rasanya menekankan kepada industri yang memproduksi kendaraan bermotor untuk ikut membangun jalan tol, flyeover serta memperluas lahan jalan protokoler. Jika masih ada industri yang tidak mengikuti kebijakan tersebut, cukup bebankan mereka serta mengawasi pajak pendapatan negara dengan begitu dari hasil tersebut dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat.

2. Masalah Banjir

Sudah saatnya pemerintah membuat dan merapihkan tanggul, pintu air, waduk atau membuat bendungan baru dengan menekankan kepada para pengembang property untuk ikut berpartisipasi membangun waduk, lahan sumber resapan serta penghijauan. Serta mengelola tata air, sanitasi serta merapihkan pintu-pintu air.

image

Sebagai refrensi, perhatikan bagaimana Belanda membangun bendungan serta menata kotanya lebih indah meskipun dikelilingi lautan.

Bisa juga bekerja sama dengan negara-negara yang memang mampu untuk membuat pompa-pompa air serta membangun sistem peguraian air sungai yang bisa dikombinasikan dengan alat tata surya sehingga mampu menguapkan air yang datanf berlebihan.

Atau membangun bank sampah serta industri pengolahan limbah sehingga dengan begitu penumpukan sampah sedikit berkurang.