Mariii…Bicara Kemanusiaan!

Apa perlu demokrasi dan ke-Bhinekaan itu kita evaluasi? Apa perlu sila pertama dalam pancasila kita revisi??
Jika memang sudah dinilai cukup, mengapa masih saja terdengar pemberitaan, isu yang masih menyudutkan nilai-nilai rasis, lintas mazhab, agama dan lain sebagainya.

Pukulan telak, catatan hitam demokrasi di negara ini sudah-lah cukup untuk dijadikan pembelajaran berharga, tragedi 98 yang membekas di benak para keturunan Chines, konflik sampang, yang memberi kontribusi korban kemanusiaan yang cukup dirasa tidak rasional.

image

Seakan bangsa ini belum siap dengan perbedaan. Tidak sejalan dengan pemikirannya dianggap SESAAAT!!! Penyematan fatwa HARAM dan sesat tanpa mempertimbangkan, mengamati serta mencermati, bukan semata-mata kepentingan satu kelompok mazhab, etnis semata, jangan sampai masyarakat menilai, ‘fatwa-fatwa bernominal’, cukup mengelus dada jika masyarakat cerdas dari kebodoh-bodohan tidak lagi percaya dengan kelembagaan, apratur pemerintahanya dan penegak

image

Jika sampai terjadi, hukum rimba menjadi alternatif pilihan lain. Jika tak lagi ada kedamaian dalam beragama dan bersosialisasi, jangan sampai bangsa ini hanya dimiliki ras tertentu, agama tertentu, mazhab tertentu. Jangan biarkan bumi pertiwi basah dengan darah kemanusiaan.

Baca artikel lainnya….

JIDAH USTADZ ARIFIN ILHAM DIPERTANYAKAN

Kutitipkan Pesan Tuk Istri…

Cerita Mengharukan Untuk Para Istri