DIBALIK PENDIRI GOOGLE

Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.
Sementara belajar di Universitas Stanford, Page diperkenalkan kepada Sergey Brin. Kedua tidak memulai sebagai teman, sepertinya tidak setuju pada kebanyakan topik pembicaraan, tetapi akhirnya menemukan sebuah subjek yang telah menjadi sangat menarik bagi mereka berdua. Topik yang Mengambil informasi dari kumpulan data besar. Pasangan ini kemudian menulis apa yang secara luas dianggap sebagai kontribusi mereka, kertas kerja yang disebut “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. sejak itu menjadimakalah mereka menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.
setelah mereka mulai bekerja pada sebuah proyek yang kemudian menjadi mesin pencari Google. Setelah mencoba menjual gagasan namun gagal, mereka menulis rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri. September 1998 Google Inc dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California. Selama beberapa tahun berikutnya google yang dipimpin oleh Larry dan Sergey Google membuat banyak inovasi dan ditambahkan ke daftar produk dan karyawan (hampir 5.000 tahun 2006). Oktober 2004 Google mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan publik, dengan mencatat penerimaan sebesar $ 805.9 juta. Pada tahun 2005 Page telah diperkirakan memiliki kekayaan senilai US $ 12 miliar dan menjadi orang urutan ke enambelas dalam daftar majalah Forbes dan membuatnyamenjadi orang ke-27 orang terkaya di dunia.
Pada tahun 2002, Larry bernama Forum Ekonomi Dunia Global Leader for Tomorrow. Ia adalah anggota National Advisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Co-Founder Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia adalah wali direksi dari X PRIZE, dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.
Sergey Brin
Semua orang tahu Larry Page, namun jarang ada orang yang tahu tentang pendiri Google lainnya, yaitu Sergey Brin. Sergey Brin mempunyai darah Moskow yang kental. Dia lahir pada 21 Agustus 1973. Selain terkenal di dunia maya, Ia juga merupakan ilmuwan yang disegani. Sergey Brin menerima gelar sarjana di bidang matematika dan ilmu komputer dari University of Maryland di College Park. Dia lulus dari program Ph.D bidang ilmu komputer di Stanford University. Sergey juga merupakan penerima gelar dari National Science Foundation Graduate Fellowship serta gelar kehormatan MBA dari Instuto de Empressa.
Di Universitas Stanford, Dia bertemu dengan Larry Page dan bekerja pada suatu proyek yang selanjutnya merupakan cikal bakal Google. Bersama dengan Larry Page ini, Sergey Brin akhirnya menuai kesuksesan dengan mendirikan perusahaan search engine legendaris, Google. Pada tahun 2012, total kekayaannya sangat melimpah dan diperkirakan telah mencapai 18.7 juta dolar. Ini menjadikan Sergey Brin salah satu orang terkaya di dunia.Sergey muda meninggalkan tanah kelahirannya Rusia ke Amerika pada umur 6 tahun. Dia mengenyam pendidikan di University of Maryland. Dia mencoba mengikuti jejak Ayah dan Kakeknya yang terlebih dahulu mendalami matematika dan ilmu komputer. Setelah lulus, dia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Stanford University untuk meraih gelar Ph.D dalam bidang ilmu komputer. Kemudia dia berteman akrab dengan Larry Page. Mereka melengkapi kamar kecil di asrama dengan komputer murah dan mencoba meneliti tentang sistem penggalian data untuk membangun sebuah mesin pencari yang canggih. Program yang berhasil mereka ciptakan kemudian menjadi sangat populer di Universitas Stanford dan mereka mengakhiri masa belajar mereka dengan membangun Google di garasi kecil sewaan.

Sergey juga menjadi pembicara pada pertemuan akademik internasional, forum bisnis dan teknologi, termasuk World Economic Forum and the Technology, Entertainment and Design Conference. Dia membagikan pandangannya pada industri teknologi dan masa depan mesin pencari pada Charlie Rose Show, CNBC, dan CNN. Pada tahun 2004, dia dan juga Larry page dianugerahi “Person of the Week” oleh ABC World News Tonight.
Majalah The Economist menyebut Brin sebagai “Enlightenment Man”, seseorang yang percaya bahwa pengetahuan adalah segalanya. Filosofi inilah yang kemudian di ringkas menjadi prinsip Google “universally accessible and useful” serta “don’t be evil”.Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Sergey sangat berhubungan dengan mesin pencari, ekstraksi informasi yang tidak berstruktur, dan penggalian data dari kumpulan teks dan data-data ilmiah. Dia kemudian mempublikasikan banyak penelitian akademik, termasuk Extracting Pattern and Relations from the World Wide Web (Ekstrasi Pola dan Hubungan dari World Wide Web, -Red); Dynamic Data Mining: A New Artchitecture for Data With High Dimensionality, yang kemudian dipublikasikan bersama dengan Larry Page; Scalable Technique for Mining casual structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond market Baskets; Generalizing Association Rules to Correlation.

Banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh Sergey Brin. Diantaranya, pada tahun 2002, Ia bersama Larry Page dianugerahi sebagai top 100 innovator di dunia di bawah umur 35 tahun oleh MIT Technology Review TR1100. Pada tahun 2003, Sergey Brin dan Larry Page mendapatkan gelar kehormatan MBA dari IE Business School. Selanjutnya pada tahun 2004, Ia menerima penghargaan dari Marconi Foundation dan Academy of Achievement’s Golden Plate Award dengan Larry Page di Chicago, Illinois.Yang terbaru, pada tahun 2009, Forbes Magazine menyebutkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menjadi salah satu dari lima orang yang mempunyai kekuasaan penting di dunia. Kemudian pada tahun 2012, Forbes mencantumkan namanya sebagai orang terkaya ke-24 di di dunia dengan total kekayaaan sebesar 18.7 juta dolar pada Maret 2012.