Terungkap Kedatangan Christine Lagarde ke Indonesia

image

Direktur Operasional Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde datang saat ekonomi Indonesia bergejolak. Perlambatan ekonomi terus terjadi. Diperparah anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Tidak heran jika kabar kedatangannya diikuti berbagai spekulasi. Utamanya soal utang mengingat Indonesia cukup lama terbelit utang IMF sebelum akhirnya benar-benar bebas dari utang lembaga keuangan internasional itu pada 2006.

Direktur Eksekutif Indef, Enny Sri Hartati mengingatkan pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo untuk berhati-hati terhadap motif tersembunyi yang mungkin akan dijalankan IMF.

“Memang kehati-hatian itu harus. Jadi bukan kita curiga (kepada IMF) tapi betul-betul kita harus hati-hati supaya kita tidak terjerembab pada lubang yang sama,” tutur Enny di Kampung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/8).

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menkopolhukam Luhut Panjaitan hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla kompak menepis spekulasi tersebut. Agus Marto menjelaskan bahwa mantan menteri keuangan Prancis itu datang atas undangan pihaknya. Kedatangannya untuk membicarakan perkembangan ekonomi dunia dan respons negara Asia menyikapi kondisi ekonomi terkini.

Luhut menegaskan, kedatangan bos IMF tersebut tidak sama seperti saat petinggi IMF datang ketika Indonesia dilanda krisis pada 1997-1998. Hal serupa diutarakan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wapres menjelaskan, pemberian utang dari lembaga mana pun, termasuk IMF, selalu didahului permintaan dari negara yang bersangkutan. Dan JK menegaskan, hingga saat ini tidak ada pengajuan utang dari pemerintah Indonesia kepada IMF.

“Ya kalau kita tidak minta, bagaimana menyalurkannya? Utang itu diminta dulu. Kalau tidak diminta macam mana? Enggak lah, kita tidak minta ke IMF,” kata JK.

SUMBER

Baca Artikel Lainnya :

Karyawan Magang Gaji 89 Jt Hanya Di Sini!

WOW!!!Dalam Waktu Satu Hari Penghasilan Wanita ini 663 Miliar

Dahsyatnya!!Penghasilan Anak Supir Truk Triliunan Rupiah

Terbongkar, Keaslian Injil

Israel Panik Muhammad Lahir di Tanah Yahudi

POLIANDRI DIBOLEHKAN

SISI LAIN SEORANG IBU, DIA ROBOT….

ADOLF HITLER, ISLAM dan ALQUR’AN

FAKTA KERJAAN DAN PANGERAN ARAB